MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI

Authors

  • Dwi Hastuti

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1203

Abstract

Edward de Bono dalam bukunya yang berjudul Revolusi Berpikir menuliskan untuk kesejahteraan dunia di masa depan, diperlukan orang-orang yang dapat berpikir dengan baik. Kehidupan pribadi juga memerlukan kemampuan berpikir yang baik, dan tuntutan hidup serta kesempatan di masa depan akan lebih rumit dan menuntut kemampuan berpikir yang bahkan harus lebih baik lagi. Kemampuan berpikir perlu dikembangkan sejak usia dini, karena pada usia dini merupakan masa golden age yang sangat berpengaruh pada kehidupan mereka selanjutnya. Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik, dalam arti memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan (koordinasi motorik halus dan kasar), intelegensi (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan. Dalam melatih keterampilan berpikir anak usia dini perlu diterapkan suatu metode, salah satunya melaui metode Montessori. Maria Montessori menggambarkan ide-idenya tentang bagaimana menangani dan mendidik anak menurut pengamatannya adalah menurut tahap-tahap yang berbeda dalam perkembangan mereka, juga dilihat dari latar belakang budaya yang berbeda. Ia mengidentifikasikan yang ia lihat bahwa semua anak memiliki karakteristik universal dari masa kecil. Tidak memandang bagaimana anak itu lahir dan di mana mereka dibesarkan.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir. Anak Usia Dini, Metode Montessori

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2017-02-01

How to Cite

Hastuti, D. (2017). MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE MONTESSORI. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1). https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1203