ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV SD NEGERI PRINGANOM 1 KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model Project based learning dalam pembelajaran tematik integratif dan mengetahui dampak yang terjadi pada penggunaan model Project based learning dalam pembelajaran tematik integratif pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen.Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, Guru kelas dan Kepala sekolah di SDN Pringanom 1 Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui profil sekolah, perangkat pembelajaran RPP dan silabus, data peserta didik kelas IV di SDN Pringanom 1 Tahun pelajaran 2019/2020, foto media poster yang dihasilkan peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan, penggunaan model pembelajaran Project Based Learning  terdapat dampak yang guru hadapi, Dampak dari penggunaan model project based learning tersebut yaitu dalam pengelolaan waktu, guru mengalami kesulitan pengelolaan waktu pembelajaran karena penyelesaian poster yang dilakukan oleh peserta didik melebihi durasi waktu yang cukup lama dan perlu dibatasi.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Project Based Learning, Tematik Integratif
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anisa Putri, Anita Trisiana, Oktiana Handini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.