Optimalisasi Jurnal Mahasiswa: Inisiatif Pelatihan dalam Memulai dan Mengelola Jurnal Ilmiah
Inisiatif Pelatihan dalam Memulai dan Mengelola Jurnal Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.33061/tc.v1i2.10633Abstrak
Penelitian ini membahas inisiatif pelatihan untuk mahasiswa dalam memulai dan mengelola jurnal akademik. Fokus utamanya adalah pada peningkatan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola proses publikasi jurnal ilmiah. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan wawasan tentang langkah-langkah awal dalam memulai jurnal mahasiswa, termasuk pemilihan topik, perencanaan konten, dan struktur artikel. Selain itu, pelatihan juga memberikan panduan praktis tentang pengelolaan jurnal secara efisien menggunakan platform online, seperti Open Journal Systems (OJS). Metode pelatihan melibatkan workshop interaktif, diskusi kelompok, dan sesi praktik langsung untuk mendorong partisipasi aktif dan pemahaman yang mendalam bagi mahasiswa jurusan ilmu hubungan internasional UPNâ€Veteranâ€Yogyakarta, dan Universitas Mitra pengabdian yaitu Universitas Sebelas Maret. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui survei prapostes dan survei pascapostes untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam memulai dan mengelola jurnal akademik. Implikasinya, pelatihan semacam ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk mengembangkan kultur publikasi ilmiah di kalangan mahasiswa serta meningkatkan kontribusi mereka dalam dunia akademik.
Keywords: Academic Writing, Publikasi Ilmiah, Jurnal Mahasiswa.


