PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM SEKTOR PARIWISATA
Abstract
Mengingat potensi wisata di kota Surakarta yang sangat besar, maka masyarakat di seputar daerah kota Surakarta
diharapkan jangan hanya sebagai penonton saja. Masyarakat golongan bawah harus diberdayakan bahwa kota
yang ditempatinya adalah kota tujuan wisatawan. Mereka harus mampu menangkap peluang, kreatif dan inovatif
dan akhirnya bisa memberdayakan dirinya untuk ikut terlibat dalam menangkap peluang dengan mendirikan usaha
mulai dari usaha kecilkecilan maupun mendirikan home industri
Berkaitan dengan pendapat di atas nampaknya pemberdayaan perempuan warga kelurahan Gilingan Kecamatan
Banjarsari Kota Surakarta khususnya dari kalangan atau lapisan bawah (miskin) agar terhindar dari kemiskinan
dan ketidakberdayaan serta kehidupannya bisa menjadi lebih baik maka pemberdayaan perempuan khususnya di
sektor pariwisata sangat diperlukan. Perempuan memang tidak bisa lepas dari kodratnya sebagai ibu rumah tangga,
namun untuk mengisi waktu yang luang alangkah baiknya perempuan juga bisa menambah pendapatan keluarga
bahkan sebagai pinjakan pendapatan keluarga
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan untuk memotivasi kaum perempuan
sekaligus memberikan pelatihan tentang peluang dibukanya tempat wisata baru di lingkungan sekitarnya. Kegiatan
pengabdian ini dilakukan dengan tiga metode yaitu perencanaan, sosialisasi dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini
adalah peserta sangat responsif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian mulai dari sosialisasi,
penyuluhan hingga pelatihan.
Keywords: Pemberdayaan; Perempuan; Pelatihan.
References
Totok, M., & Poerwoko, S. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung:
Alfabeta.
Nasdian FT. (2006). Pengembangan Masyarakat. Bagian Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat,
Departemen Komunikasi Pengembangan Masyarakat IPB: Bogor.
Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. (2015, Oktober). Surakarta Dalam Angka 2015. Surakarta, Indonesia: Author.
Nurdan, O. (2015). Linking empowering leader to creativity: the moderating role of psychological (felt)
empowerment. 3rd International Conference on Leadership, Technology, and Innovation Management,
Procedia - Social and Behavioral Sciences 181, 366 – 376