PENGARUH BRAND DAN KUALITAS PELAYANAN RUMAH MAKAN AYAM GEPREK SAKO SRAGEN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
Abstract
Rumah Makan Ayam Geprek SAKO merupakan mitra usaha di bidang kuliner. Untuk mempengaruhi perilaku konsumen pengelola harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya yang paling utama adalah Brand rumah makan dan kualitas pelayanan. Penggunaan Brand Name yang unik, mudah diingat, nyeleneh dan menarik, serta kualitas pelayanan yang baik akan memiliki pengaruh tersendiri terhadap persepsi konsumen dan menciptakan respons positif dari konsumen terhadap rumah makan. Penelitian ini sesuai dengan teori Engle-Blackwell-Miniard Model oleh Engel, Kollat, dan Blackwell tahun 1968, bahwa perilaku konsumen muncul karena adanya tiga faktor, yang pertama adalah stimuli dari upaya pemasaran, kedua variabel lingkungan eksternal (budaya, pengaruh orang lain, keluarga dan situasi), dan ketiga adalah variabel individu (Bray:2011). Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis pengaruh brand rumah makan Ayam Geprek SAKO Sragen terhadap perilaku konsumen dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan rumah makan Ayam Geprek SAKO Sragen terhadap perilaku konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rumah makan Ayam Geprek SAKO Sragen yaitu sekitar 110 konsumen setiap harinya, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 52 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu membuat daftar pertanyaan sesuai dengan indikator Variabel X1, X2 dan Y sebanyak 27 pertanyaan, dan observasi yaitu melakukan wawancara terbuka kepada pelanggan Rumah Makan Ayam Geprek SAKO. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menjukan bahwa Brand rumah makan Ayam Geprek SAKO Sragen berpengaruh positif dan cukup signifikan terhadap perilaku konsumen dengan p-value sebesar 0,029 < 0,05 atau dengan tingkat kepercayaan atau signifikansi sebesar 97,1%. Kualitas pelayanan rumah makan Ayam Geprek SAKO Sragen berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap perilaku konsumen dengan p-value sebesar 0,001 < 0,05 atau dengan tingkat kepercayaan atau signifikansi sebesar 99,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Brand Rumah Makan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dan kualitas pelayanan lebih dominan mempengaruhi perilaku konsumen.
Kata Kunci: Brand rumah makan, kualitas pelayanan, perilaku konsumen.