INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN KUSUMA BHAKTI JURUG SURAKARTA

Authors

  • Yoga Hidayanto Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta

Abstract

                                                                                                             Abstrak

 

    Penelitian tentang Inovasi Pelayanan Publik Di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi.

    Penelitian ini dilakukan dengan mengelaborasi  teori  Tipologi Inovasi Paul Windrum dan Atribut Inovasi Rogers dengan disesuaikan kondisi tempat penelitian. Tipologi Inovasi Paul Windrum ini dibagi menjadi beberapa dimensi yaitu Inovasi Layanan, Inovasi Penyediaan Layanan dan Inovasi Sistemis. Dengan menggunakan pengukuran Tipologi ini, akan didapatkan berbagai macam inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta. Setelah diukur dengan menggunakan Tipologi Inovasi, selanjutnya inovasi-inovasi pelayanan tersebut diukur lagi menggunakan Atribut Inovasi yang terdiri dari Keuntungan Relatif, Kesesuaian dan Kerumitan.

    Dari pengukuran Tipologi Inovasi didapatkan beberapa jenis inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta seperti Perencanaan layanan wisata religi, perencanaan penambahan sarana dan prasarana, perencanaan renovasi infrastruktur, perencanaan kegiatan yang sifatnya hiburan, perencanaan kegiatan yang sifatnya religi, komunikasi dan kerja sama dengan Dinas Pariwisata Surakarta, Dinas Kebuadayaan Surakarta, Dinas Perhubungan Surakarta, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama dan swasta.

    Hasil penelitian dengan menggunakan Teori Atribut Inovasi Rogers diatas menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta dapat dikatakan berjalan dengan baik dan mampu menjawab kebutuhan dari masyarakat. Pada Atribut Keuntungan Relatif ditunjukkan dalam hal keunggulan atau nilai lebih dari inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta. Atribut kesesuaian yang menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan yang dilakukan oleh Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Surakarta sudah berdasarkan pada kondisi dan kebutuhan dari masyarakat yaitu pelayanan yang mudah. Kerumitan pada mekanisme, tata cara dan prosedur dalam mengakses pelayanan tidak terdapat kerumitan.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Taman Makam Pahlawan

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Hidayanto, Y. (2022). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN KUSUMA BHAKTI JURUG SURAKARTA. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7124

Issue

Section

Solidaritas Vol 1