Strategi Komunikasi Komunitas Mitra Gojek Grup Driver Sekitar UNS Dalam Membangun Solidaritas
Abstract
ABSTRAKStrategi komunikasi penting di dalam kehidupan sehari-hari supaya komunikasi tidak mengalami kesalah pahaman satu dengan satunya. Strategi komunikasi untuk membantu sebuah komunikasi yang baik dalam kehidupan berinteraksi pada komunitas mitra driver sekitar UNS. Penelitian ini didasari pada teori komunisasi dari Smith bahwa strategi komunikasi berfungsi untuk menyesuaikan dan mengusahakan sinkronisasi antara membangun citra dan memelihara reputasi komunitas dengan membentuk persepsi dan preferensi publik, melalui beberapa langkah yaitu formative research, strategi, taktik dan evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan strategi komunikasi komunitas mitra driver sekitar UNS dalam membangun solidaritas.Jenis penelitian ini yaitu bersifat deskriptif menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dengan cara purposive sampling yang terdiri dari ketua dan anggota Komunitas Mitra gojek grup driver sekitar UNS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawncara dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah strategi komunikasi komunitas mitra Grup Gojek Sekitar UNS pada tahap formative research adalah melakukan pendekatan sesama anggota untuk berbagi informasi dan melakukan kegiatan sosial. Tahap strategi dengan pelaksanaan program touring, kopdar dan bantuan dana sosial. Tahap taktik komunikasi yang digunakan adalah mengadakan game, outbond, hiburan organ tunggal dan juga makan bersama yang diinformasikan secara tatap muka dan menggunakan whatsapp grup. Tahap evaluasi bahwa keberadaan komunitas berdampak positif bagi anggota yang berupa tingkat solidaritas antar driver berjalan dengan baik, mampu menyelesaikan masalah antar driver dengan cara kekeluargaan.
Kata kunci : strategi komunikasi, komunitas, solidaritas