AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. KERETA API INDONESIA WILAYAH DAOP 4 SEMARANG MELALUI KEGIATAN RAIL CLINIC DAN RAIL LIBRARY
Abstract
ABSTRAK
Sebagai salah satu moda transportasi yang diminati oleh masyarakat, kereta api memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi, PT. Kereta Api Indonesia mencoba memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Untuk tetap menjaga hubungan dengan masyarakat, PT. Kereta Api Indonesia menjalankan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). PT. Kereta Api Indonesia memiliki banyak program – program CSR salah satunya adalah Rail Clinic dan Rail Library. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana aktivitas CSR PT. Kereta Api Indonesia melalui kegiatan Rail Clinic dan Rail Library. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data, observasi, dan wawancara diharapkan mampu memberikan gambaran dan informasi mengenai program CSR PT. Kereta Api Indonesia. Dalam mendeskripsikan dan menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori Cuttlip and Center yang meliputi fact fanding (penemuan fakta dan data), planning (perencanaan), communicating (pengkomunikasian), dan evaluation (evaluasi atau penilaian). Penelitian ini dilaksanakan di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menerapkan langkah – langkah diantaranya mencari dan menemukan fakta dilapangan, melakukan perencanaan, melakukan komunikasi dengan para stakeholder, dan melakukan evaluasi.
Keyword : Corporate Social Responsibility, fact fanding, planning, communicating, evaluation