Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo Dalam Pelayanan Akta Kelahiran
Abstract
ABSTRAK
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan lembaga resmi pemerintah yang menangani tentang hal yang bersangkutan dengan peristiwa kependudukan. Tugas pokok Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu membantu Bupati melaksanakan berbagai urusan pemerintahan daerah di bidang pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo dalam pelayanan Akta Kelahiran secara keseluruhan menunjukkan bahwa telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan akta kelahiran dan dapat dikatakan sudah baik, namun belum optimal. Hal ini bisa dilihat dari pelayanan yang terkadang masih lambat, meskipun pelayanan sudah melalui online. Dari pelayanan yang diberikan, banyak masyarakat yang merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Tersedia media penyampaian aspirasi masyarakat dalam bentuk kotak kritik, melalui web, instagram, dll. Pegawai menerima kritik saran dari masyarakat sebagai bahan evaluasi. Kinerja sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dan aturan yang ada. Pelaksanaan program kerja sudah sesuai dengan Visi Misi, tupoksi, dan tujuan organisasi. Keberhasilan Kinerja ini dapat dilihat dari selalu meningkatnya presentase kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Sukoharjo.
Kunci : Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas