Kualitas Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021

Authors

  • Muhamad Mustofa Azis Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Abstrak

Sering kali rumah sakit dihadapi masalah perihal belum mampunya memberikan pelayanan seperti yang diharapkan. Beberapa masyarakat masih saja mengeluhkan pelayanan yang mereka terima dari layanan yang diberikan oleh rumah sakit, tanpa kecuali dalam hal pelayanan rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana kualitas pelayanan rawat jalan yang diberikan oleh RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah instalasi rawat jalan RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Sumber data primer dan sekunder dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif untuk mendapatkan jawaban dari perumusan masalah. Hasil penelitian dipetakan ke dalam lima aspek, berupa: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Dapat disimpulkan bahwa layanan rawat jalan yang dimiliki oleh RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo sudah baik. Meskipun selanjutnya perlu ada perbaikan pada aspek seperti tangible dan responsiveness.

Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Rawat Jalan Rumah Sakit

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Azis, M. M. (2022). Kualitas Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7000

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3