KUALITAS PELAYANAN PROGRAM SATU PAKET URUSAN KEPENDUDUKAN WARGA TERPENUHI (SAPUKUWAT) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA

Authors

  • Ikke Mulia Uswatun Hasanah Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Salah satu pelayanan yang telah di implementasikan oleh Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil kota Surakarta adalah pelayanan program Satu Paket Urusan Kependudukan
Warga Terpenuhi (SAPUKUWAT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Surakarta. Tujuan program SAPUKUWAT adalah memberikan kemudahan pelayanan akta
kelahiran bagi bayi yang baru lahir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teori dari
Miles, Huberman (2014) yaitu teknis analisis data interaktif. Teknik pengumpulan data
sendiri melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan program SAPUKUWAT Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil kota Surakarta sudah baik, ini dilihat dari beberapa dimensi yang di
kembangkan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Ratminto dan AS Winarsih
(2017 : 175). Walaupun kualitas pelayanan yang diberikan sudah dikatakan baik, tetapi ada
beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
kota Surakarta bisa meningkatkan lagu kuallitas yang diberikan.

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Uswatun Hasanah, I. M. (2022). KUALITAS PELAYANAN PROGRAM SATU PAKET URUSAN KEPENDUDUKAN WARGA TERPENUHI (SAPUKUWAT) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6994

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3