Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali

Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali

Penulis

  • ade dila maharani Univesitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstrak

Abstrak

Kantor kecamatan Ngemplak merupakan instansi pemerintah yang melaksanakan pelayanan urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Kualitas pelayanan dalam pembuatan kartu tanda penduduk elektronik E-KTP di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Berdasarkan judul yang disajikan diatas maka dapat dilihat permasalahanya yaitu apakah Kualitas Pelayanan yang ada sudah telah dilaksanakan dengan baik. Dimesi kualitas Pelayanan yang digunakan terdiri dari Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Pendekatan kualitatif dengan analisis data kualitatif dengan menggunakan model miles, Huberman, dan saldana yaitu dengan cara (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, dan (4) Penarikan Kesimpulan dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti yaitu dapat disimpulan bahwa kualitas pelayanan dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali sudah cukup berkualitas. Akan tetapi dimensi Tabgible belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik yaitu fasilitas yang tersedia dalam proses pelayanan E-KTP seperti kurangnya tempat duduk di ruang tunggu, tempat parkir yang belum tersedia secara khusus, dan ruang kerja pegawai yang kurang leluasa. Sesuai pemaparan diatas peneliti memberikan saran kepada Kecamatan Ngempak untuk sebaiknya menambahkan fasilitas yang lebih memadahi.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, E-KTP.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2022-05-20

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3