Kinerja Pemerintah Desa Ngampon Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Di Desa Ngampon Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali

Penulis

  • Lilis Setyowati

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pemerintah Desa Ngampon dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui faktor penghambat keberhasilan program. Dalam rangka menangani dampak pandemi pemerintah desa menggunakan berbagai program dan stimulus untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul. Dalam pelaksanaan program penanggulangan pandemic Covid-19 terdapat beberapa masalah seperti masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan yang ada karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah desa tentang bahaya Covid-19.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang memiliki tujuan mendeskripsikan sebuah peristiwa yang ada di lapangan dan data disajikan secara sistematis, sesuai fakta dan akurat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengukuran kinerja Agus Dwiyanto yang terdiri lima indikator antara lain, produktivitas, kualitas layananan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas.

Hasil penelitian dilihat dari indikator tersebut menunjukkan bahwa penanggulangan pandemi Covid-19 di Desa Ngampon Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali sudah cukup berhasil. Keberhasilan itu dapat dilihat dari dimensi produktivitas yang secara keseluruhan menunjukan hasil yang baik. Akan tetapi dari dimensi responsivitas belum terlaksana dengan baik. Hal itu dikarenakan pemerintah desa belum menyediakan media aspirasi yang jelas bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan masukan.

Sesuai pemaparan diatas peneliti memberikan rekomendasi kepada pemerintah desa untuk dapat memfasilitasi media penyampaian aspirasi yang jelas dan mudah di akses agar masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan keluhan, kritik, serta saran.

Kata Kunci : Kinerja, Pemerintah Desa, Penanggulangan, Pandemi Covid-19

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2022-05-20

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3