KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KIA (KARTU IDENTITAS ANAK) SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Eva Pakpahan Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak) Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2021 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak) Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2021 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo berdasarkan 5 indikator yang dikemukakan oleh Parasuraman, dkk  yaitu dimensi tangible masih sangat kurang baik karena belum ada ruang tunggu dan tempat duduk untuk pemohon serta pelayanan melalui jendela dan belum adanya pengeras suara untuk memanggil nama pemohon, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kalau pelayanan sudah online, masih banyak masyarakat yang belum mengerti proses pelayanan online, dan sistem pelayanan online masih sering eror. Dilihat dari reliability, responsiveness, assurance dan empathy sudah terlaksana baik.

Kata Kunci: Kartu Identitas Anak, Pandemi Covid-19, Kualitas Pelayanan

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Pakpahan, E. (2022). KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KIA (KARTU IDENTITAS ANAK) SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKOHARJO. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6966

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3