Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Informasi Masyarakat dimasa Pandemi Covid19 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar
Abstract
Penyebaran Informasi saat ini sangat diperlukan, ditengah-tengah berkembangnya zaman yang semakin canggih, Informasi Publik juga harus semakin diperluas dan transparan. Strategi setiap pelaku juga berbeda beda maka dari itu strategi sangat dibutuhkan dalam menyebarkan informasi publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar salah satunya berusaha untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan berwawasan informasi melalui optimalisasi diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Srategi Komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar dalam Pelayanan Informasi Masyarakat dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Kabupaten Karanganyar dalam Pelayanan Informasi Masyarakat dimasa Pandemi Covid-19 yaitu informasi-informasi atau pelayanan yang diberikan memperhatikan kondisi atau situasional. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dimasa pandemi ini cukup terpenuhi baik secara online dan tatap muka .Terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 ini banyak kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat yang bertujuan untuk melibatkan secara langsung dan menerima informasi secara kreatif.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan Informasi Masyarakat, Pandemi Covid-19.