PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI WISATA KULINER

(Studi Kasus Pada Akun Instagram @Soloinfo)

Authors

  • Muhammad Mustofa Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang berbasis foto artinya interaksi yang terjadi di antara para pengguna berdasarkan pada foto yang diunggah ke instagram. Akun instagram @Soloinfo merupakan akun instagram yang membagikan postingan tentang berita kuliner, berita kriminal, iklan UMKM, berita lalu lintas dan lain sebagainya. Akun instagram @soloinfo saat ini memiliki followers sebanyak 388.000 orang per 2 September 2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan instagram @soloinfo sebagai media informasi wisata kuliner. Peneliti dalam menganalisis penggunaan instagram @soloinfo sebagai media informasi wisata kuliner menggunakan teori Machfoedz yang terdiri dari daya tarik pesan, frekuensi pesan, kejelasan dan kelengkapan pesan serta            feedback (respon) pesan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan akun instagram @soloinfo sebagai media informasi wisata kuliner diawali dengan pemilihan media promosi, yaitu instagram. Proses kedua yang dilakukan yaitu menciptakan daya tarik melalui setiap foto yang diunggah, pada proses ini terdapat beberapa tahap lagi yang dilakukan oleh pengelola akun instagram @Soloinfo diantaranya melakukan seleksi pemilihan resto yang akan dibahas, melakukan seleksi pemilihan menu, melakukan pengambilan foto, pemilihan foto terbaik dan editing, serta pengunggahan dan penulisan caption. Proses ketiga yang dilakukan yaitu memperhatikan frekuensi kegiatan, pengelola akun instagram @Soloinfo menjadwalkan tiga kali posting foto dari resto yang berbeda dalam satu hari. Namun jika pengelola akun instagram @Soloinfo sedang menghadiri event kuliner khusus, posting foto dapat dilakukan lebih dari tiga kali dalam sehari karena pengelola akun instagram @Soloinfo harus melakukan live report dengan memberikan informasi secara up to date. Proses keempat yaitu memperhatikan isi pesan, dimana harus dikemas sebaik mungkin dalam foto dan caption. Foto yang diunggah dalam instagram pengelola akun instagram @Soloinfo harus jelas dan menarik, serta caption foto berisi informasi lengkap seputar harga, lokasi, pilihan menu, dan penilaian terhadap resto. Proses kelima yaitu melihat respon yang masuk. Respon yang masuk dapat berupa respon respon positif, respon informatif, dan respon bermuatan kritik serta saran.

 

Kata Kunci: instagram, media informasi, wisata kuliner

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Mustofa, M. (2022). PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI WISATA KULINER : (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Soloinfo). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6869

Issue

Section

Solidaritas Vol 1