KOMUNIKASI PERSUASIF UMKM SAAT MENAWARKAN PRODUK KERUPUK DALAM MENIMBULKAN PERILAKU MEMBELI KHALAYAK DI MASA PANDEMI

Studi Komunikasi Persuasif UMKM saat Menawarkan Produk Kerupuk Kepada Pemilik Warung Makan Di Wilayah Jebres Surakarta

Penulis

  • Aldhi Wijaya Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

                                                                                                               Abstrak

Pandemi COVID-19 banyak merugikan berbagai sektor kehidupan, salah satunya dampaknya yang sangat terasa adalah daya beli menurun, banyak UMKM yang kesulitan menawarkan produknya. Menawarkan produk dengan menggunakan komunikasi persuasif sangat efektif dilakukan pada masa pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan UMKM kerupuk Bu Sarwini pada saat menawarkan produk kerupuknya secara langsung selama masa pandemi ke warung makan di Wilayah Jebres. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kesimpulannya komunikasi persuasif yang dilakukan UMKM kerupuk Bu Sarwini dapat menimbulkan perilaku membeli
kepada khalayak yaitu pemilik warung di Wilayah Jebres. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif yang dikemukakan Maulana dan Gumelar yaitu komunikasi persuasif bertujuan mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang dengan sub aspek komunikasi persuasifnya adalah Persuader yaitu UMKM kerupuk Bu Sarwini sebagai pihak yang mengirimkan atau menyampaikan pesan persuasif yang berisi keunikan dan keunggulan produk kerupuknya, Persuadee yaitu pemilik warung makan sebagai pihak penerima pesan atau yang menjadi tujuan pesan persuasif yang berisi tentang keunikan dan keunggulan produk kerupuk yang disampaikan Bu Sarwini pada saat menawarkan ke warung makan , Saluran yaitu Bu Sarwini menggunakan saluran pribadi berkomunikasi persuasif secara langsung bertatap muka dengan pemilik warung makan di Wilayah Jebres karena dinilai lebih efektif, Pesan yaitu komunikasi persuasif yang dilakukan Bu Sarwini pada saat menawarkan produk kerupuknya dengan cara menyampaikan pesan-pesan persuasif yang berisi segala keunggulan, keunikan, promo dan bonus yang menarik tentang produk kerupuknya, Umpan Balik yaitu pemilik warung sering memberikan saran atau masukkan kepada Bu Sarwini, Efek Komunikasi Persuasif yaitu terjadi perubahan sikap dalam diri pemilik warung dari yang sebelumnya menolak menjadi tertarik untuk membeli akibat pesan persuasif yang berisi segala keunikan dan keunggulan kerupuk yang disampaikan Bu Sarwini.

Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, UMKM, Pandemi___________________________________________________________________________________

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2022-05-20

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3