PENGARUH AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @infocegatansukoharjo TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI BERITA ONLINE MASYARAKAT KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • MUHAMMAD ICHSAN ALI UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Abstract

Akun @infocegatansukoharjo memiliki konsep “citizen journalism” dengan tidak hanya mencari berita-berita yang sedang trending, namun masyarakat Sukoharjo juga bisa menjadi jurnalis dengan mengambil foto atau video peristiwa yang berlangsung. Peran Instagram @infocegatansukoharjo tentunya memiliki beberapa kebutuhan informasi yang bersinggungan dengan berbagai aspek, antara lain kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan komprehensif, kebutuhan sosial, dan kebutuhan berbagi dengan masyarakat Sukoharjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh @infocegatansukoharjo terhadap pemenuhan kebutuhan informasi berita onlien masyarakat kabupaten Sukoharjo.

Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik memperoleh sampel menggunakan metode simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin yang didapatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, pustaka dan dokumentasi. Validitas data menggunakan correlation product moment. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukkan nilai yang lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi sebesar 0,05 (0,000<0,05). Nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 juga menunjukkan nilai yang lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi sebesar 0,05 (0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya postingan akun Instagram @infocegatansukoharjo berpengaruh dan siginfikan sebagai kebutuhan informasi berita online masyarakat sukoharjo.

 

Kata Kunci: Instagram, kebutuhan informasi, Berita online

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

ALI, M. I. (2022). PENGARUH AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @infocegatansukoharjo TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI BERITA ONLINE MASYARAKAT KABUPATEN SUKOHARJO. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6850

Issue

Section

Solidaritas Vol 1