strategi komunikasi maxim dalam membangun brand image
Abstract
Maxim merupakan perusahaan internasional yang bergerak dibidang teknologi informasi yang menyediakan jasa transportasi online. Maxim penyedia jasa transpotasi online yang bertaraf internasional. Selain pada itu, Maxim juga menyediakan layanan yang terkenal unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh public relations Maxim dalam membangun brand image. Teori yang digunakan mengacu pada strategi komunikasi pendekatan manajemen yang dikembangkan oleh Fred R David yakni dengan menggunakan tiga tahapan strategi komunikasi: perumusan komunikasi, implementasi komunikasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk memproses data. Dengan sumber data premier yakni mewawancarai informan dan sumberdata sekunder yakni berupa dokumen perusahaan. Â Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, Public relations Maxim dalam membangun brand image telah menerapkan strategi komunikasi yaitu dengan melakukan promosi melaui media outdoor dan media massa serta menjalin kerjasama, serta ditunjang dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Maxim meliputi weekend promotions, konvoi kendaraan seminar. Akan tetapi dalam pelaksanaanya saat ini masih terdapat hambatan berupa adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dimasa pandemi Covid-19 ini. Sehingga beberapa kegiatan yang sudah ditetapkan tidak dapat dilaksanakan karena dianggap kurang efektif disituasi saat ini. Berbagai upaya dilakukan oleh Maxim untuk promosi dengan memanfaatkan media sosial dan media outdoor. Untuk mengoptimalkan promosi melalui media sosial menggunakan instagram, youtube, website, facebook. Sedanggangkan outdoor melalui billboard. Serta menjalin kerjasama dengan influencer-influencer daerah.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Brand image