Komunikasi Pemasaran Industri Kerajinan Sangkar Burung Di Tawangsari Mojosongo Surakarta

Authors

  • Gondang Pamoringtyang

Abstract

ABSTRAK

 

Industri kecil memiliki peran yang cukup besar sebagai penggerak perekonomian nasional. Kota Surakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang berpotensi besar untuk mengembangkan industri kreatif berskala kecil di Indonesia. Salah satu potensi industri kreatif yang menonjol berada di Tawangsari Kelurahan Mojosongo, memiliki potensi industri kreatif kerajinan sangkar burung yang sudah terkenal. Tujuan dari studi ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Industri Kerajinan Sangkar Burung di Tawangsari Mojosongo Surakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Pemilihan narasumber menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Industri Kerajinan Sangkar Burung di Tawangsari Mojosongo Surakarta dalam komunikasi pemasarannya menerapkan bauran pemasaran atau marketing mix. Dalam memasarkan produknya industry ini melakukan komunikasi pemasaran, yaitu mengenai produk, harga, tempat, dan promosi.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Produk, Harga,Tempat, Promosi

 

ABSTRACT

 

Small industry has a big enough role as a driver of the national economy. Surakarta City is one of the cities in Central Java that has great potential to develop small-scale creative industries in Indonesia. One of the potential creative industries that stands out is in Tawangsari, Mojosongo Village, which has the potential for the well-known creative industry for bird cage crafts. The purpose of this study is to analyze and determine the marketing communication applied by the Birdcage Craft Industry in Tawangsari Mojosongo Surakarta. Researchers used qualitative research methods, data sources used primary and secondary data. Selection of sources using purposive sampling method. The data analysis technique used is triangulation technique. Based on the results of the study, it was concluded that the Birdcage Craft Industry in Tawangsari Mojosongo Surakarta in its marketing communications applied a marketing mix. In marketing its products, this industry carries out marketing communications, namely regarding products, prices, places, and promotions.

Keywords: Marketing Communication, Product, Price, Place, Promotion

Published

2022-05-20

How to Cite

Pamoringtyang, G. (2022). Komunikasi Pemasaran Industri Kerajinan Sangkar Burung Di Tawangsari Mojosongo Surakarta. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6080

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3