Pengaruh Brand Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Boyband BTS sebagai Brand Ambassador dan Citra Tokopedia Terhadap Minat Beli pada followers Akun Instagram @wowfakta.bts
Abstract
                           ABSTRAK
Tokopedia merupakan salah satu marketplace buatan lokal yang berdiri sejak tahun 2009 hingga sekarang. Pada tahun 2019 hingga tahun 2021 Tokopedia mengajak kerja sama dengan Boyband korea, BTS sebagai Brand Ambassador untuk menembus pasar yang saat ini banyak remaja tertarik dengan budaya korea. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini guna bertujuan untuk menganalisis dan menguji adanya pengaruh brand ambassador, citra perusahaan terhadap minat beli di situs Tokopedia dikalangan followers akun instagram @wowfakta.bts. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tipe eksplanatif, dalam pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling dan menentukan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil sampel 99,8 % dan ditarik menjadi 100 sampel (responden). Setelah menentukan jumlah sampel, lalu menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form dan disebarkan melalui direct message. Setelah data kuesioner diperoleh, dilakukan uji validitas data dan uji reliabilitas guna mengukur data yang diperoleh valid dengan menghasilkan obyek yang sama. Langkah selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hjipotesis menggunakan software SPSS IBM versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai T-hitung sebesar 2,271 dan nilai Sig. 0,025 < 0,05. (2) Citra Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai T-hitung sebesar 5,919 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. (3) Brand Ambassador dan Citra Perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai F-hitung yaitu 42,127 dan p.value sebesar 0,000 < 0,05. Dan setelah melewati beberapa pengujian menghasilkan interpretasi adanya Pengaruh yang signifikan antara Brand Ambassador dan Citra perusahaan sebagai variabel independen terhadap Minat Beli sebagai variabel dependen.
Kata kunci : Brand Ambassador, Citra Perusahaan, Minat Beli