Komunikasi Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Authors

  • Nabila Farahdiva Kania Ramadhani Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Pentingnya komunikasi untuk manusia tidak bisa dipungkiri lagi, demikian juga untuk suatu organisasi. Melalui komunikasi yang baik, organisasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sementara kurangnya komunikasi dapat menyebabkan kekacauan dalam organisasi. Berdasarkan pengamatan awal, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam proses pemberian pelayanan dinilai kurang memuaskan, salah satunya yaitu mengenai keluhan masyarakat akan proses pelayanannya yang lama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Komunikasi Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Dinas, Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Bidang Pemanfaat Data dan Inovasi Pelayanan, Staf Pencatatan Sipil, dan masyarakat yang mengurus admiistrasi kependudukan. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan studi pustaka dan studi lapangan (observasi, dokumentasi, wawancara). Validitas dan reliabilitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi organisasi pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan baik komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, maupun komunikasi lintas saluran berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa faktor penghambat yang berdampak pada proses pemberian pelayanannya, yaitu jaringan internet yang trouble, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penerapan sistem online, dan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kualitas Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Ramadhani, N. F. K. (2022). Komunikasi Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6005

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3