STRATEGI MEDIA RELATIONS PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT SEBAGAI KOTA INOVATIF (Studi tentang Strategi Media .Relations Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Kotawaringin BaratZdalam Menjalin. HubunganZdengan Media Untuk Meningkatkan Citra Positif Pemerintahan di Masyarakat )

Authors

  • Wulan Dewi Wiki Handayani Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Strategi Media Relations sebuah instansi dapat menggiring opini masyarakat untuk membentuk citra instansi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi media relations bagian humas dan protokol Pemerintah. Kabupaten Kotawaringin Barat dalam menjalin hubungan dengan media untuk meningkatkan citra positif di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodeZdeskriptif kualitatif dengan obyek penelitian SekretariatZDaerah Kabupaten Kotawaringin Baratpada bagian Humas dan Protokol sub. Bagian peliputan dan publikasi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. Sumber data primerZyaitu dengan melakukan wawancara secara mendalam, sedangkan sumber data sekunder melalui bukuZreferensi, artikel, sumber data lain (internet) dan  jurnal penelitian. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Teknik validitas dan reliabilitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik .pengumpulan. data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka.  Teknik analisis data menggunakan model interaktif. yaituZpengumpulan data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi. media relations pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai kota inovatif telah melaksanakan kegiatan. media relations yang pertama mengelola relasi, yang kedua mengembangkan strategi, dan yang terakhir mengembangkan jaringan.

 

Kata Kunci: Strategi Media Relation, Kota Inovatif, Citra Positif, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Handayani, W. D. W. (2022). STRATEGI MEDIA RELATIONS PEMERINTAH KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT SEBAGAI KOTA INOVATIF (Studi tentang Strategi Media .Relations Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Kotawaringin BaratZdalam Menjalin. HubunganZdengan Media Untuk Meningkatkan Citra Positif Pemerintahan di Masyarakat ). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5994

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3