PERAN BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SETDA KABUPATEN WONOGIRI DALAM MEMPUBLIKASIKAN PENANGGULANGAN COVID 19 KEPEA MASYARAKAT MELALUI MENDIA INSTAGRAM DAN WEB

Authors

  • Yopi Prio Prayogo

Abstract

Peran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri terdapat tiga aspek yang tidak bisa lepas dari humas yaitu: informasi, persuasi dan komunikasi. Ketiga aspek tersebut sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan tugas humas yaitu dalam menyebarluasikan informasi terkait dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam mempublikasikan kegiatan penanggulangan Covid 19 kepada masyarakat. 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis peran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri dalam mempublikasikan kegiatan penanggulangan persebaran Covid 19 kepada masyarakat melalui media Instagram dan Web.

Peneliti dalam menganalisis peran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri dalam mempublikasikan kegiatan penanggulangan persebaran Covid 19 kepada masyarakat melalui media Instagram dan Web menggunakan teori Rachmadi yaitu tugas dan fungsi humas pemerintah adalah memberikan penerangan dan pendidikan kepada masyarakat tentang kebijakan, langkah-langkah, dan tindakan pemerintah serta memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa informasi yang diperlukan secara terbuka, jujur dan objektif. Alasan penggunaan media Instagram dan Web karena kedua media tersebut efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.

Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri memberikan penerangan dan pendidikan kepada masyarakat terkait penanggulangan persebaran Covid 19 yaitu informasi berkaitan dengan tips memakai masker yang baik dan benar, tips panduan pencegahan covid 19 di tempat kerja, informasi mengenai kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam menekan lonjakan kasus covid 19, dan informasi tentang kegiatan vaksinasi. Peran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait penanggulangan persebaran Covid 19 yaitu kebijakan penyemprotan desinfektan, kegiatan peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, kebijakan pembentukan Tim Work Sosial untuk membantu pemulihan kesehatan warga yang menjalani isolasi mandiri Covid-19 dan kebijakan penggunaan gedung PGRI dan sekolah untuk merawat warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Bentuk kegiatan persuasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Wonogiri dalam kegiatan publikasi penanggulangan covid 19 diantaranya adalah publikasi tentang tips memakai masker yang benar, perilaku menjaga 5 M, kegiatan peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan perilaku masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Penggunaan media Instagram dan Web menunjukkan bahwa media instagram lebih efektif dibandingkan dengan media web, hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah pengikut pada media instagram lebih tinggi dibandingkan dengan media web.

PlumX Metrics

Published

2022-05-20

How to Cite

Prayogo, Y. P. (2022). PERAN BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SETDA KABUPATEN WONOGIRI DALAM MEMPUBLIKASIKAN PENANGGULANGAN COVID 19 KEPEA MASYARAKAT MELALUI MENDIA INSTAGRAM DAN WEB. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5977

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3