Personal Branding Sri Mulyani Melalui Akun Instagram @yani_sunarno Selama Masa Kampanye Pemilihan Bupati Klaten 2020

Authors

  • Sukma Evi Romadhoni Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstract

Instagram merupakan platform media sosial yang memiliki banyak fungsi dalam kehidupan masa modern termasuk sebagai sarana komunikasi politik dan personal branding. Sri Mulyani (@yani_sunarno) merupakan Bupati Klaten yang aktif memanfaatkan Instagram sebagai wadah publikasi kegiatan dan membangun personal branding. Dibandingkan dengan lawan politiknya selama masa kampanye pemilihan Bupati Klaten 2020, akun @yani_sunarno lebih unggul perihal konsistensi unggahan dan followers yang terus meningkat, namun kurang diiringi dengan inovasi dan kreatifitas dalam setiap unggahan. Selain itu Sri Mulyani sempat diterpa isu negatif yang trending di media sosial dengan #BupatiKlatenMemalukan dan pemberitaan yang menuai pro kontra mengenai kampanye sebelum waktunya dengan slogan “Cendol Dawet Ketan, Gaspol dan Lanjutkanâ€. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini diarahkan untuk mengetahui personal branding Sri Mulyani sebagai petahana Bupati selama masa kampanye pemilihan Bupati Klaten 2020 melalui Instagram. Sampel dari penelitian ini yaitu keseluruhan dari populasi (total sampling) yaitu 74 foto dan caption. Peneliti menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menganalisis foto dan caption menggunakan lembar coding dan rumus holsti serta mengacu pada teori Five Brand Personality Traits yang dikemukakan oleh Kotler & Amstong, 2006 yakni sincerity (down to earth, honest, wholesome, cheerful), excitement (daring, spirited, imaginative, up to date), competence (reliable, intelligent, succeful(, sophistication (upper class, charming), dan ruggedness (outdoorsy, though). Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun instagram @yani_sunarno memenuhi lima indikator Five Brand Personality Traits dengan proporsi yang berbeda. Dari lima indikator tersebut, kategori Sincerity mendominasi karakter yang membentuk personal branding Sri Mulyani dengan presentase sebesar 28,1%, sedangkan kategori Ruggedness berada paling rendah dengan presentase 9,3%. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa Sri Mulyani mengedepankan aspek ketulusan dalam publikasi instagramnya yang terdiri dari karakter rendah hati, jujur, baik dan bermanfaat, serta karakter ceria. 

Published

2022-05-20

How to Cite

Romadhoni, S. E. (2022). Personal Branding Sri Mulyani Melalui Akun Instagram @yani_sunarno Selama Masa Kampanye Pemilihan Bupati Klaten 2020. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5885

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3