FAKTOR KEJUJURAN DALAM ETIKA BISNIS : SEBUAH ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Penulis

  • Muh Isa Almansyur, Topan Setiawan, Fanny Hendro Aryo Putro Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

Abstrak

 

Artikel ini merupakan  hasil riset fenomenologis  untuk melihat  fakta  yang berhubungan dengan etika bisnis sebuah UMKM. Kasus yang dipilih adalah kasus Muhammad Kusrin yang berhasil mengembangkan indurtri kecil berbasis teknologi, yakni merakit televisi tabung. Tujuan penulisan ini adalah menggambarkan fakta kearifan lokal dan pengalaman hidup subjek penelitian. Isu etika bisnis yang dicuatkan lulusan SD itu diproses dengan begitu baik. Boks pembungkus televisi rakitannya, bertuliskan ‘’TV CRT Rekondisi’’. Hal itulah yang akan ditelusur dan juga kemungkinan penerapan secara universal, setidaknya dalam lingkup UMKM. Tujuan  penelitian ini adalah mengungkapkan orang berpendidikan rendah justru mempunyai daya juang yang kuat dalam mengembangkan bisnisnya.  Kekuatan pebisnis ini sebagai teknoprener adalah visi bisnisnya yang tidak egois. Prinsip luhur Jawa yang dia pegang adalah ketika kejujuran menjadi hal utama.  Menurutnya  bisnis bukan saja soal materi, namun menyangkut etika.

 

Kata kunci: Etika, Kejujuran, UMKM, Pengembangan Bisnis

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-10

Cara Mengutip

Almansyur, Topan Setiawan, Fanny Hendro Aryo Putro, M. I. (2019). FAKTOR KEJUJURAN DALAM ETIKA BISNIS : SEBUAH ANALISIS PENGEMBANGAN UMKM DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI INTRAPERSONAL. Solidaritas, 3(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/3041

Terbitan

Bagian

Artikel