Penerapan 5 sila dalam Pancasila oleh siswa atau santri pondok pesantren modern Nurussalam
The aplicatiom of 5 precepts in pancasila by students of Nurussalam modern islamic boarding school
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.7571Abstract
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya pancasila adalah sebuah dasar negara republi Indonesia, semua rakyat Indonesia harus berpegang teguh dengan dasar Negara Indonesia yaitu pancasila, maksud dari berpegang teguh adalah bahwasanya seluruh rakyat Indonesia harus berperilaku sesuai dengan dasar Negara Indonesia. Bagi peserta didik/ santri yang sedang menempuh jenjang pendidikan khususnya santri pondok pesantren harus benar benar tau dan menjiwai maksud dari dasar Negara tesebut ( Pancasila), ada beberapa santri yang kurang sadar akan makna pancasila dengan baik dengan baik dan belum maksimal dalam penerapan 5 sila nya dalam kehidupannya sehari hari, maka dari itu tujuan kami menulis sebuah paper untuk menjelaskan bagaimana menerapkan pancasila kepada santri yang hidup di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode analisa yaitu menganalisis berbagai sifat dan perilaku santri dalam kesehariannya, dan dari itu kita dapat menilainya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kiki agung prasetio, Muhamad Nanang Rifa’i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.