IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 01 SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3060Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V di SDN 01 Suruh. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Efektifitas pengimplementasi media pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Berbasis ICT dapat dikemukakan sebagai berikut, terdapat peningkatan keaktifan, minat dan motivasi yang mengarah pada peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas V SD Negeri 01 Suruh Kecamatan Tasikmadu. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa temuan di kelas, yaitu (1) siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PKn, (2) siswa sudah mampu mengatasi kesulitan belajar dengan berdiskusi dengan teman yang lebih paham akan materinya dan belajar bertanya sehingga mampu memahami materi PKn dengan baik, (3) guru telah mampu melaksanakan metode pembelajaran PKn dengan nuansa baru yang inovatif dan kreatif sesuai perkembangan zaman. Kata Kunci: CTL, ICT, Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan KewarganegaraanDownloads
Published
2019-07-15
How to Cite
Dewi, R. K. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 01 SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3060
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.