IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI INOVASI PENGEMBANGAN DI ERA MEDIA DIGITAL DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Anita Trisiana, Sugiaryo & Rispantyo

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu perwujudan karakter masyarakat
Indonesia. Tujuan jangka panjang penelitian ini menemukan desain pengembangan Model
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan karakter masyarakat
Indonesia di era media digital dan Revolusi Industri 4.0. Metode penelitian menggunakan
penelitian dan pengembangan yaitu untuk menguji validitas dan efektivitas produk. Penelitian
ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur model ADDIE yang diadaptasi
(Analisis, Desain, Pengembangkan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian
menunjukkan sebagai berikut: Analisis, Desain, dan Pengembangan inovasi media digital
dapat mengadopsi media digital dan revolusi teknologi; yang Implementasinya adalah
langkah nyata untuk sistem pembelajaran yang dibuat; Evaluasinya adalah proses untuk
melihat apakah sistem yang dibangun sesuai dengan harapan awal atau tidak, yaitu pada
model desain sistem pembelajaran ADDIE. Berdasarkan model pengembangan instruksional
ADDIE, model ini diadopsi pada tahap pengembangan model pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan, dengan modifikasi bernama "MPC" (Modification of Project Citizen).
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Media Digital,
Revolusi Industri 4.0

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-07-15