PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENGUATAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC SKILL) PADA SISWA DI SMP NEGERI 26 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Feri Agus Nugroho, Sugiaryo & Anita Trisiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3053

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 26 Surakarta. 2) Untuk mengetahui faktor
apa saja yang dapat mendukung dan menghambat siswa dalam meningkatkan keterampilan
kewarganegaraan pada Pendidikan Kewarganegaraan. 3) Untuk mengetahui upaya
mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dalam meningkatkan keterampilan kewarganegaraan di SMP Negeri 26
Surakarta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data
menggunakan data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan
Kewarganegaran, kepala sekolah dan siswa, untuk memperoleh data mengenai pendidikan
kewarganegaraan dalam penguatan keterampilaan kewarganegaraan di SMP Negeri 26
Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
di SMP Negeri 26 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dilaksanakan dengan guru
menyusun perangkat pembelajaran, baik berupa silabus, RPP dan lembar penilaian siswa,
selanjutnya guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan berbagai
metode pembelajaran, misalnya ceramah bervariasikan tanya jawab, diskusi dan resitasi
(penugasan). 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Pelajaran Kewarganegaraan
guna membentuk keterampilan kewarganegaraan yaitu adanya dukungan dari kepala
sekolah yang mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan sekolah serta kompetensi
guru PKn dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat
siswa dalam mengikuti Mata Pelajaran Kewarganegaraan yaitu terlalu banyak materi yang
harus dikuasai oleh siswa, materi Pendidikan Kewarganegaraan terkesan overload,
tumpang tindih, begitu banyak hal yang harus diajarkan dan dihafalkan oleh siswa,
sehingga membebani siswa, keterbatasan metode dan media pembelajaran, latar belakang
siswa yang beraneka ragam, keterbatasan waktu dalam mengajar, kurangnya minat siswa
terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 3) Upaya mengatasi hambatan
tersebut adalah setiap pertemuan diberikan informasi terbaru terkait persoalan yang sedang
terjadi untuk menarik perhatian siswa agar lebih fokus dalam pembelajaran, menerapkan
pembelajaran yang sifatnya non-akademik atau ekstrakulikuler seperti lewat kegiatan
upacara, kegiatan kepramukaan, serta pemberian motivasi di setiap kegiatan pembelajaran
guna menumbuhkan semangat dan minat siswa terhadap pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan.
Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Keterampilan Kewarganegaraan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-07-15