PERAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Authors

  • Venny Andreany Sidauruk & Siti Supeni

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2549

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn
dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pembelajaran PPKn terhadap
pembentukan karakter disiplin siswa. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 6
Surakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan
kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif assosiatif.Populasi
penelitian siswa Kelas X SMA Negeri 6 Tahun Pelajaran 2017-2018 sebanyak 136
siswa dan keseluruhannya digunakan sebagai sampel dengan teknik sensus. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan pembelajaran
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin siswa
dengan nilai t hitung 3,148 dan p value 0,002 < 0,05. Peran guru PPKn dalam
melakukan pengelolaan pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembentukan karakter disiplin siswa dengan nilai t hitung 2,561 dan p value 0,012 <
0,05. Peran guru PPKn dalam melakukan evaluasi pembelajaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin siswa dengan nilai t hitung 3,120 dan
p value 0,002 < 0,05. Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi Pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa
sebesar 32,3% sedang sisanya sebesar 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model
penelitian.
Kata kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Pembelajaran dan Karakter
Kedisiplinan

PlumX Metrics

Published

2019-01-07