UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) MATERI HUBUNGAN STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH Pada Siswa Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018

Authors

  • Tri Budiarsih & Siti Supeni

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2540

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model Think-Pair-Share
(TPS) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat
dan daerah pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017 / 2018.
Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode Think-Pair-Share
(TPS) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat
dan daerah pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017 / 2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kritis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100% dengan
nilai rata-rata 84,538 dan hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100%
dengan nilai rata-rata 93,5. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa
penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan
berfikir kritis siswa mata pelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional
pemerintah pusat dan daerah pada siswa kelas X IPS 1.
Kata kunci : Berpikir Kritis, Metode Think Pair Share (TPS).

PlumX Metrics

Published

2019-01-07