PENGEMBANGAN MODEL LITERASI UNTUK PENINGKATAN CIVIC VIRTUE MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMAN 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Sigit Sugeng Riyadi & Sugiaryo

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2306

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengembangan model literasi
untuk peningkatan Civic Virtue pada siswa SMAN 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
2). Untuk mengetahui pemanfaatan media sosial pada siswa SMAN 6 Surakarta tahun
ajaran 2017/2018. 3). Untuk mengetahui pengembangan model literasi melalui
pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan civic virtuepada siswa SMAN 6
Surakarta tahun ajaran 2017/2018. SMA N 6 Surakarta terletak di jalan Mr. Sartono
No.30 Surakarta, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta dengan
kode pos 57135.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu
Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Guru PPKn dan siswa SMAN 6
Surakartasebagaisubjek. Sedangkan data yang di kumpulkan dalam penelitiam ini
adalah data primer dan data sekunder tentang pengembangan model literasi melalui
pemanfaatan media sosial guna meningkatkan civic virtue siswa di SMAN 6 Surakarta.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk
teknik analisis data dengan menetapkan informasi kunci yang merupakan informan yang
dipercaya dapat membuka informasi kepada peneliti dalam berwawancara. Setelah itu,
perhatian peneliti pada objek penelitian dan memulai membuat instrumen wawancara
deskripsi, jadi proses penelitian ini berangkat dari luas kemudian memfokuskan, dan
kemudian meluas lagi sehingga kemudian dapat di ambil kesimpulan dari narasumber
yang disajikan dengan bentuk narasi. Sebelum melakukan wawancara, peneliti
melakukan observasi pada kelas 11 MIPA SMAN 6 Surakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pengembangan model literasi terintegrasi
melalui rencana pelaksanaan pembelajaran yang di sisipkan dalam setiap pembelajaran.
2) pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran PPKn memberi dampak
positif dan dampak negatif. 3) dengan pembiasaan berliterasi dalam pembelajaran yang
memanfaatan media sosial dapat meningkatkan civic virtue siswa sehingga menjadikan
siswa berperilaku baik di sekolah maupun di masyarakat.
Kata Kunci : Pengembangan Model Literasi, Media Sosial, CivicVirtue.

PlumX Metrics

Published

2018-11-09