HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA KELAS XI MAN 1 SURAKARTA

Authors

  • Wahyu Rama Dhiana & Sugiaryo

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kedisiplinan
siswa dan pembelajaran pendidikan karakter dengan perilaku menyimpang pada siswa
kelas XI MAN 1 Surakarta . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
MAN 1 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan Random Sampling yaitu sampel random sampling atau
cara pengambilan sampel secara undian dimana semua individu dalam populasi baik secara
sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai
anggota sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode
angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hubungan
kedisiplinan siswa dan pembelajaran pendidikan karakter dengan perilaku menyimpang
siswa. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan rumus
Product moment dinyatakan valid untuk angket tentang kedisiplinan siswa (X1),
pembelajaran pendidikan karakter (X2) dan perilaku menyimpang (Y). Teknik analisis data
menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada Hubungan kedisiplinan siswa dan
pembelajaran pendidikan karakter dengan perilaku menyimpang pada siswa kelas XI MAN
1 Surakarta tahun 2017/ 2018, dibuktikan dengan nilai F hitung yaitu F = 16,689 > F tabel
5% = 3,354.
Kata kunci: Kedisiplinan, Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Perilaku Menyimpang


PlumX Metrics

Published

2018-11-09