HUBUNGAN PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DAN BOARDING SCHOOL DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MAN 1 SURAKARTA TAHUN 2016/2017

Authors

  • Sulandari Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v2i2.1565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan full day school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016/ 2017; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016 / 2017; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan full day school dan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 surakarta tahun 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Surakarta yang berjumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang full day school, boarding school serta pembentukan karakter. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan reliabilitas yang dicari adalah reliabilitas internal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,96. Kemudian
dikonsultasikan dengan Ftabel taraf signifikan 5% sebesar 3,33. Dengan demikian hipotesis
yang menyatakan “ada Hubungan Pelaksanaan Full Day School Dan Boarding School dengan
Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016/2017”, terbukti
kebenarannya.
Kata kunci : Full Day School, Boarding School, Pembentukan Karakter

PlumX Metrics

Published

2017-07-22

Issue

Section

Artikel