PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN PANCASILA TERINTEGRASI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK (STUDI FASE F SMA BATIK 2 SURAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v14i2.12573Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Mengembangkan bahan ajar Pendidikan
Pancasila terintegrasi media pembelajaran komik studi pada fase F di SMA Batik 2 Surakarta;
(2) Menguji kelayakan produk bahan ajar Pendidikan Pancasila terintegrasi media
pembelajaran komik studi pada fase F di SMA Batik 2 Surakarta. Metode yang digunakan
adalah metode penelitian RnD (Research and Development) dengan pendekatan model
Sukmadinata melalui tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, Pengembangan produk, dan
pengujian produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan
studi dokumen. Uji validitas data kualitatif dengan triangulasi sumber dan metode, sedangkan
data kuantitatif menggunakan uji validasi para ahli yaitu validator ahli materi, dan validator ahli
media. Teknik analisis data meliputi analisis kualitatif dari hasil pengumpulan data dan analisis
data kuantitatif dari uji N-Gain. Hasil penelitian Pengembangan ini yaitu (1) Pengembangan
bahan ajar Pendidikan Pancasila terintegrasi media pembelajaran komik Dilakukan dengan tiga
tahap yaitu studi pendahuluan untuk mengethaui bahan ajar yang digunakan, kemudian tahap
pengembangan produk dimulai dengan Menyusun modul, Menyusun instrument,
mengembangkan produk, dan dilakukan validasi kepada validator ahli, tahap terakhir pengujian
produk dilakukan di kelas XI di SMA Batik 2 Surakarta; (2) Produk Pengembangan diuji
validasi oleh para ahli dengan hasil validator materi sebesar 87% (Sangat layak), dan validator
ahli media sebesar 98,33% (Sangat layak). Dari hasil validator materi maupun validator media
dapat disimpulkan sangat layak sebagai bahan pembelajaran di dalam kelas. Setelah produk
dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba terbatas dan uji lapangan. Dari hasil uji N-Gain
di kelas XI.1 didapatkan nilai sebesar 0,58 yang termasuk kategori efektif tingkat sedang.
Kemudian di kelas XI.2 didapatkan nilai sebesar 0,63 yang termasuk kategori efektif tingkat
sedang. Dari hasil Uji N-Gain uji lapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan
ajar Pendidikan Pancasila terintegrasi media pembelajaran komik masuk dalam kategori efektif
sedang.
Kata kunci: Bahan ajar, Pendidikan Pancasila, Media pembelajaran, Komik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochamad Naufal Hasib, Wijianto Wijianto, Winarno Winarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.










