FRAMING MEDIA ONLINE LOKAL DALAM MEMBENTUK OPINI MASYARAKAT SURAKARTA TERKAIT ORMAS YANG MENYETUJUI PENAMBANGAN (WIUPK)

Penulis

  • Gery Subagio Universitas Slamet Riyadi
  • Fayza Radiva Ardanavyans Universitas Slamet Riyadi
  • Anastasya Alcita Magdalena

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana framing media online lokal membentuk opini masyarakat Surakarta terhadap Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi yang mendukung penambangan di wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK). Studi ini menggunakan metode analisis isi untuk mengidentifikasi elemen framing dari berita-berita terkait izin tambang yang diberikan kepada NU. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media membingkai berita dengan menyoroti profesionalisme, transparansi, dan inklusivitas kebijakan pemerintah, yang secara signifikan mempengaruhi persepsi positif masyarakat terhadap NU. Framing media yang menonjolkan kompetensi dan tanggung jawab lingkungan yang ditunjukkan oleh NU juga memperkuat citra positif organisasi ini di mata masyarakat. Melalui framing ini, media berhasil membentuk narasi yang mengarahkan opini publik untuk melihat NU sebagai entitas yang tidak hanya kompeten dalam mengelola sumber daya alam tetapi juga berkomitmen terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakat.

Diterbitkan

2025-07-07

Cara Mengutip

Subagio, G., Ardanavyans, F. R., & Alcita Magdalena, A. . (2025). FRAMING MEDIA ONLINE LOKAL DALAM MEMBENTUK OPINI MASYARAKAT SURAKARTA TERKAIT ORMAS YANG MENYETUJUI PENAMBANGAN (WIUPK). Globalization and Foreign Affairs Journal, 2(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/gfa/article/view/12732