FRAMING MEDIA ONLINE LOKAL DALAM MEMBENTUK OPINI MASYARAKAT SURAKARTA TERKAIT ORMAS YANG MENYETUJUI PENAMBANGAN (WIUPK)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana framing media online lokal membentuk opini masyarakat Surakarta terhadap Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi yang mendukung penambangan di wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK). Studi ini menggunakan metode analisis isi untuk mengidentifikasi elemen framing dari berita-berita terkait izin tambang yang diberikan kepada NU. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media membingkai berita dengan menyoroti profesionalisme, transparansi, dan inklusivitas kebijakan pemerintah, yang secara signifikan mempengaruhi persepsi positif masyarakat terhadap NU. Framing media yang menonjolkan kompetensi dan tanggung jawab lingkungan yang ditunjukkan oleh NU juga memperkuat citra positif organisasi ini di mata masyarakat. Melalui framing ini, media berhasil membentuk narasi yang mengarahkan opini publik untuk melihat NU sebagai entitas yang tidak hanya kompeten dalam mengelola sumber daya alam tetapi juga berkomitmen terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakat.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gery Subagio, Fayza Radiva Ardanavyans, Anastasya Alcita Magdalena

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


