STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS ICT DI BANJAR TAMAN KELOD UBUD

Penulis

  • A.A. ISTRI SHANTI LAKSEMI PEMAYUN UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v5i2.5347

Abstrak

Ubud adalah sebuah desa adat sekaligus menjadi destinasi wisata yang terdapat di daerah kabupaten Gianyar. Ubud terkenal diantara para wisatawan mancanegara pengaruh pandemi virus Covid-19 ini cukup memberikan dampak buruk utamanya di bidang ekonomi, seperti hal nya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang dengan menurunnya produktifitas dalam memiliki usaha dan menurunya pariwisata yang awalnya menjadi daya Tarik di Ubud. Pandemi Covid-19 ini telah menghancurkan sisi terpenting ekonomi dalam mengatasi permasalahan ini, maka dalam pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran. Maka dari itu dapat dilakukan Pelatihan Penggunaan Sistem Marketplce yang memanfaatkan fasilitas Sosial media untuk mampu bersaing dengan UMKM lainnya dimasa pandemi seperti ini. Pelaku UMKM bisa mulai berubah dalam membangkitkan usaha-usahanya dan menyesuaikan diri di era new normal dengan memanfaatkan teknologi informasi (IT) di dalam bisnisnya. Manfaat dari dilakukannya KKN bagi mahasiswa yaitu memberikan pengalaman belajar maupun melatih agar mahasiswa dapat lebih terampil dalam memecahkan masalah yang ada di luar kampus

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

(Panjaya et al. 2014) https://kkn.unnes.ac.id/lapkkn/11402_3324122015_Desa%20Tratemulyo_20141223_110650.pdf

(Syahniar 2018)

file:///C:/Users/USER/Downloads/Pelatihan-Aspek-Marketing-MIx-Untuk-Usaha-Kerajinan-Tangan-Bagi-Ibu-ibu-Rumah-Tangga.pdf

(KEBUDAYAAN 2020)

https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_6568200913201041.pdf

pdf

Diterbitkan

2021-11-01

Cara Mengutip

PEMAYUN, A. I. S. L. (2021). STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS ICT DI BANJAR TAMAN KELOD UBUD. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 153–160. https://doi.org/10.33061/awpm.v5i2.5347