Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar IPS Berbasis Spasial bagi Guru SD di SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun 2019

Penulis

  • mukhlis mustofa Slamet Riyadi University

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3856

Abstrak

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam pengelolaan kelas menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Pelatihan Penyusunan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Spasial Bagi Guru Kelas Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD Djama’atul Ichwan menjadi sebuah bagian untuk mendukung keberhasilan pembelajaran. Optimalisasi Pembelajaran berbasis spasial menuju peningkatan kualitas pembelajaran ini akan berlangsung efektif didukung dengan Modul Pelatihan penyusunan bahan ajar. Penerbitan modul pembelajaran perlu disusun untuk mengetahui seberapa optimal pembelajaran dilakukan. Melalui Modul Pembelajaran berbasis spasial tentunya akan didapatkan panduan pelatihan  yang akurat yang membantu guru untuk pengelolaan pembelajaran dan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan dan mengikuti perkembangan yang telah dicapai oleh siswanya. Berdasarkan survei di lapangan terdapat fenomena rendahnya pemahaman spasial guru. Oleh karena itu, pada pengabdian kepada masyarakat kali ini tim mengadakan pelatihan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari program pengabdian ini adalah memberikan Pelatihan Penyusunan modul  IPS Berbasis Spasial Bagi Guru Kelas dalam manajemen pembelajaran kepada guru SD Jama’atul Ichwan Surakarta  sehingga peserta dapat menerapkan pola manajemen sekolah dalam efektif dan efisien dalam pengelolan lembaga pendidikan.

Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini  ditujukan untuk Guru Kelas guru SD Jama’atul Ichwan Surakarta sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran berkaitan ketimpangan yang ada di era modern ini. Pelatihan ini akan membantu para Guru kelas dalam meningkatkan kemampuan penyusunan bahan ajar.Pengabdian masyarakat ini dilakukan di guru SD Jama’atul Ichwan Surakarta. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: 1) persiapan, 2) pelaksanaan pelatihan meliputi penyajian materi, penugasan membuat pembelajaran berbasis spasial. Target luaran yang diharapkan adalah Guru kelas yang mengikuti pelatihan pembelajaran berbasis spasial dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan  mengaplikasikannya sendiri pada proses kesehariannya, sekaligus mendokumentasikannya dalam bentuk modul pembelajaran yang dapat digunakan bersama bagi guru kelas. Diharapkan modul ini dapat didesiminasikan kepada guru kelas di wilayah lain. guru kelas yang mengikuti pelatihan pun dapat menyesuaikan sesuai dengan perkembangan pengetahuan terkini.

katakunci : Pembelajaran IPS BerbasisSpasial, kualitaspembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

mukhlis mustofa, Slamet Riyadi University

Prodi PGSD FKIP UNISRI

Referensi

Daftar Pustaka

Amstrong, Thomas, Multiple Intelligences in the Classroom, Alexandria, Virginia: ASDC, 2009

Gardner, H., Intelegence reframed: Multiple Intelligency for the 21 th, Newyork: Basic Book, 1999.

Indriana Widya Putri , PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS GAMBAR KELAS III SEKOLAH DASAR Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta

Sapiudin, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif.Jakarta: Kencana

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-01

Cara Mengutip

mustofa, mukhlis. (2020). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar IPS Berbasis Spasial bagi Guru SD di SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun 2019. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1a), 72–86. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3856