PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK BARU DAN BARANG BEKAS

Penulis

  • Ariefah Yulandari
  • Widi Hariyanti
  • Yunus Harjito

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3191

Abstrak

Meningkatkan suatu nilai jual memiliki proses yang panjang. Berbagai metode
dapat digunakan. Pemilihan metode yang tepatlah yang dapat membuat sebuah produk baru
dan barang bekas menjadi lebih bernilai bahkan memiliki harga jual yang tinggi. Ini adalah
proses yang dapat meningkatkan nilai kegiatan pelatihan kewirausahaan menuju ke tingkat
perkembangan inovasi yang tinggi.
Berdasarkan analisis situasi, permasalahan yang dihadapi mitra adalah keinginan
yang kuat dari mitra dalam pelatihan untuk berwirausaha akan tetapi rendahnya dalam
pengetahuan untuk memberikan nilai tambah pada produk baru dan barang bekas rumah
tangga yang dapat dijual dengan harga yang bersaing. Pengabdian masyarakat telah
dilakukan dengan khalayak sasaran warga Gambirsari RW 03, Kelurahan Kadipiro,
Kecamatan Banjarsari, Surakarta, dengan memberikan pengetahuan berupa pelatihan
dalam bentuk meningkatkan produk barang baru dan barang bekas agar memiliki nilai jual
yang cukup tinggi dengan metode decoupage ini membuahkan hasil yang membuat mitra
ingin lebih mengembangkan pelatihan tersebut menjadi suatu usaha dalam menambah
pendapatan keluarga dan menyelesaikan masalah sampah anorganik keluarga.
Kata kunci : Nilai tambah, decoupage, kerajinan, kewirausahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

……………….. 2007. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, Departemen

Perdagangan Republik Indonesia. Lihat Jerusalem Florencia.

Aisyah Nurul Fitriana, Irwan Noor, Ainul Hayat, 2014, Pengembangan Industri Kreatif Di

Kota Batu (Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu) Jurnal

Administrasi Publik (JAP), Vol. 2 No. 2, Hal. 281-286.

Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, 2009, Strategi Bisnis Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta

Bebassari, Sri, 2008, Integrated Municipal Solid Waste Management toward ZERO WASTE

Approach, Center for Assessment and Application of Environmental Technology,

Jakarta, diakses melalui http://www.pudsea.ugm.ac.id/ document/ bebassari.pdf, pada

hari kamis, 27 Agustus 2015.

Bertens, K., 2010, Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Buchari Alma, 2014, Kewirausahaan, Penerbit Alfabeta, Bandung

Cipta Soekanto, S, 2002, Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hendro, 2014, Dasar-dasar Kewirausahaan, Penerbit Erlangga, Jakarta

James Stoner, Freeman E., dan Gilbert J.R., 2014, Manajemen Bisnis. Edisi Indonesia

Gramedia, Jakarta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, 2014, Ekonomi Kreatif : Kekuatan Baru

Indonesia Menuju 2025, Jakarta.

Marliani, Novi, 2014, Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai

Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup, Jurnal Formatif 4(2): 124-

Murniati, D.E, 2009, Peran Perguruan Tinggi Dalam Triple Helix Sebagai Upaya

Pengembangan Industri Kreati, Seminar Nasional Peran Pendidikan Kejuruan Dalam

Pengembangan Industri Kreatif, Jurusan PTBB FT UNY.

Nitisusatro, M., 2012, Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Alfabeta,

Bandung

Nitisusastro, M., 2015, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Erlangga,

Jakarta.

Puspa Rini & Siti Czafrani, 2010, Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global, Jurnal UI Untuk

Bangsa Seri Sosial dan Humaniora Volume 1.

Rhenald Kasali, 2010, Wirausaha Mandiri, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Simatupang, T.M. 2008. Industri Kreatif Indonesia. Bandung: Sekolah Bisnis dan

Manajemen, Institut Teknologi Bandung.

Soekartawi, 2012, Faktor-faktor Produksi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

UNDP/UNCTAD, 2008, Creative Economy, Report 2008, Geneva-New York: UNDP,

UNCTAD.

Diterbitkan

2019-10-05

Cara Mengutip

Yulandari, A., Hariyanti, W., & Harjito, Y. (2019). PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK BARU DAN BARANG BEKAS. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3191

Terbitan

Bagian

Artikel