Pelatihan Penerapan Model Discovery Learning dan Project-Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4165

Abstract

Kurikulum 2013 yang diterapkan di Sekolah Dasar merekomendasikan model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yaitu discovery learning, project-based learning, problem-based learning dan inquiry learning. Sebagian besar guru di SD Negeri Gandekan No 230 Surakarta mengaku belum memahami keempat model pembelajaran tersebut sehingga perlu adanya pelatihan tentang model discovery learning dan project-based learning. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan mulai tahap survei, perijinan, dan pemberian motivasi bagi guru yang akan mengikuti pelatihan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap sosialisasi dan audiensi, tahap pelatihan, serta tahap evaluasi akhir. Hasil kuesioner tanggapan guru terhadap pengabdian yang telah dilakukan menunjukan bahwa materi pelatihan sangat diminati dan dibutuhkan guru dalam pengembangan pembelajaran abad 21 dan menunjang era revolusi industri 4.0. Guru merasakan manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan karena dapat menjadi wawasan keilmuan baru dalam pengembangan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jumanto Jumanto, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Anggit Grahito Wicaksono, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 8(1), 90-100. DOI: http://dx.doi.org/10.33477/bs.v8i1.850

Joyce, B, Weil, M dan Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krogsgaard, M. R., Brodersen, J., & Comins, J. (2011). A scientific approach to optimal treatment of cruciate ligament injuries. Acta Orthopaedica, 82 (3), 10-15. DOI: https://doi.org/10.3109/17453674.2011.588864

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p107-121

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published

2020-11-02

How to Cite

Jumanto, J., & Wicaksono, A. G. (2020). Pelatihan Penerapan Model Discovery Learning dan Project-Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 118–124. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4165

Issue

Section

Artikel