Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Guru TK Saraswati Nusukan Banjarsari Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4143Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dari program pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan membuat media pembelajaran VideoScribe yang di aplikasikan dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) metode pendekatan yang dilakukan mulai tahap survei, perijinan, dan pemberian motivasi bagi guru yang akan mengikuti pelatihan (2) metode pelaksanaan program, meliputi tahap pendahuluan, tahap sosialisasi dan audiensi, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi akhir. Hasil dalam kegiatan ini adalah 8 guru telah dapat membuat media pembelajaran VideoScribe dan hasil ini sesuai target yaitu 100% dapat membuat media VideoScribe. Luaran yang dihasilkan berupa Produk media VideoScribe pada materi tertentu dan publikasi artikel pengabdian dalam jurnal ilmiah.Downloads
References
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Kemendiknas. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK). Jakarta: Dirjen Peningkatan
Oka irmade. 2018. Analisis Tingkat Penggunaan ICT Guru TK Kecamatan Grogol Kabupaten Sukopharjo. Jurnal AUDI. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud
Prana & Priarti. “Pengaruh Kemampuan Awalterhadap Hasil Belajar Matematikaâ€.JKPM. Vol.2. No.1, Desember 2016. Pp 37-44. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Ricardo & Rini. “The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomesâ€. Jurnal Pendidikan Manajemen Pendidikan. Vol. 2. No. 2, Juli 2017. Pp 188-201. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Sadiman, Arief, dkk. 2010. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal PKM dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal PKM, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.