PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN GITAR DI DESA MANCASAN, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO MENUJU PASAR GLOBAL

Authors

  • Sri Riris Sugiyarti
  • hasna wijayati Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3861

Abstract

Industri gitar di Desa Mancasan, Baki, Kabupaten Sukoharjo adalah salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar. Mayoritas pelaku industri adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, produksinya telah menembus pasar ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana memberdayakan komunitas pengrajin gitar di Desa Mancasan, Baki, Kabupaten Sukoharjo menuju pasar global. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah UMKM pengrajin gitar di Desa Mancasan, Baki, Sukoharjo. Sumber data primer dan sekunder dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif untuk mendapatkan jawaban dari perumusan masalah. Hasil penelitian dipetakan ke dalam empat aspek, berupa : bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan, dan dilengkapi dengan strategi ekspor. Dapat disimpulkan bahwa pemerintah memiliki peran dalam mengelola keempat aspek ini, walaupun belum maksimal. Peran terbesar pemerintah dalam pengembangan manusia terletak pada bimbingan teknis, sedangkan dalam aspek bina usaha dalam hal mendirikan badan usaha yang legal. Dalam strategi ekspor, hanya beberapa bisnis yang dapat menembus pasar ekspor. Sementara mayoritas UKM telah mencoba memperluas pasar ekspor tetapi masih dalam proses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

hasna wijayati, Universitas Slamet Riyadi

International Relation Departement

References

Alfitri. 2011. Community Development: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alsop, Ruth; Mette Frost Bertelsen; dan Jeremy Holland. 2006. Empowerment in Practice – From Analysis to Implementation. Washington, DC: The World Bank.

Azizy, Ahmad Qodri A. 2003. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Kehidupan Berdemokrasi di Indonesia. Jakarta: Lembaga Executive Club (LEC) Press.

Daroin, Ana Dhaoud. 2015. “Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Handycraft Kayu Jati di Dusun Bandar Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro”. Thesis Program Pascasarjana Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Tidak diterbitkan.

Hidayat, Wahid Anggih. 2013. “Pembinaan UMKM Kota Surakarta oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta”. Skripsi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Tidak diterbitkan.

Mardalis. 2002. Metode Penelitian-Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebianto. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

..................... 2010. Konsep-Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta: Fakultas Pertanian UNS dengan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

...................... 2010. Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta: UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Narayan, Deepa. (ed). 2002. Empowerment And Poverty Reduction: A Source book. Washington, DC: PREM - The World Bank.

Purlys, Cheslovas. 2007. Export Marketing and Promotion : Analysis of Theory and Practices for Composing of Lithuanian Export Promoting Strategy. Vilniaus Gediminas Technical University : Economika ir Vadyba ISSN 1648 -9098.

Quinlan, Reginald. 1990. An Evaluation of the Theory of Export Market Entry Strategies with Specific Reference to the Irish Food and Drink Industry. Dublin : Dublin City University

Santosa, Pandji. 2008. Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : PT. REFIKA ADITAMA

Sayaefuddin, Fahmi. 2013. “Implementasi Program One Village One Product (OVOP) Dalam Rangka Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Mennegah (UMKM) (Studi Kasus di Kampung Wisata Batik Kauman Kota Surakarta).” Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Tidak diterbitkan.

Sedarmayanti. 2003. Good Governance. Bandung : Mandar Maju.

Sevilla, Consuelo G, Jesus A. Ochave, Twila G. Punsalan, Bella P. Regala, dan Gabriel G. Uriarte. 1993. Pengantar Metode Penelitian (Edisi terjemahan Alimuddin Tuwu). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Slamet, Y. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Subejo dan Supriyanto. 2005. Kerangka Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Menuju Pembangunan yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. No.1 Juli (2005). 17-32.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Sumodiningrat, Gunawan. 2007. Pemberdayaan Sosial: Kajian Ringkas tentang Pembangunan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif – Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Wrihatnolo, Randy R dan Riant Nugroho Dwidjowojoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

PlumX Metrics

Published

2020-08-01

How to Cite

Sugiyarti, S. R., & wijayati, hasna. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN GITAR DI DESA MANCASAN, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO MENUJU PASAR GLOBAL. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1a), 121–135. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3861