ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KARAKTERISTIK PENERAPAN ISLAMIC MARKETING PADA BANK SYARIAH (Survei pada Bank BRI Syariah di Solo Raya)

Authors

  • erlangga erlangga Pascasarjana Universitas Slamet Riyadi

Keywords:

ISLAMIC MARKETING

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor karakteristik penerapan Islamic Marketing pada Bank Syariah. Terdapat empat faktor yang akan diteliti penerapannya. Penelitian ini meneliti di Bank BRI Syariah yang ada di Solo Raya. Populasi dalam penilitian ini adalah pegawai Bank BRI Syariah di Solo Raya dengan seluruh pegawai sebanyak 77 orang yang terdiri dari tim bisnis, operasional dan support. Penelitian ini berfokus pada pegawai yang bersinggungan langsung dengan nasabah, yaitu bagian marketing dan bagian frontliner dengan jumlah pegawai sebanyak 53 orang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Sugiyono yang apabila populasi kurang dari 100 orang, lebih baik semua populasi diambil sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan Simple Random Sampling. Penelitian ini kategori sampel dibedakan menjadi dua jenis responden, yaitu responden kunci (pimpinan) yang akan diwawancara dan responden penunjang (pegawai) yang akan di bagikan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keempat faktor karakteristik yaitu, teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) maka Islamic Marketing telah diterapkan di Bank BRI Syariah di Solo Raya. Adapun faktor yang paling berpengaruh adalah Faktor yang dominan terhadap penerapan Islamic Marketing pada Bank BRI Syariah di Solo Raya adalah faktor etis (akhlaqiyyah). Kata kunci: Islamic Marketing, teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah).

PlumX Metrics

Published

2021-07-01

How to Cite

erlangga, erlangga. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KARAKTERISTIK PENERAPAN ISLAMIC MARKETING PADA BANK SYARIAH (Survei pada Bank BRI Syariah di Solo Raya). JURNAL MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, 15(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5487

Issue

Section

Artikel