ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN TANJUNGREJO TERHADAP SOSIAL EKONOMI DESA TANJUNGREJO KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Wignyo yanuarto universitas slamet riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.9036

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembangunan Jembatan Tanjungrejo di Desa Tanjungrejo yang sangat memberikan dampak pada masyarakat secara langsung dari dampak positif hingga timbul dampak negatif. Dalam bidang sosial perekonomian muncul dampak positif mulai dari kemudahan masyarakat dalam mempersingkat waktu melintas ke jalur penyebrangan jembatan secara efektif, adanya sumber mata pencaharian, terbukanya lapangan pekerjaan sebagai peluang usaha. Sedangkan dampak negative, yaitu adanya polusi udara, pencemaran air, serta adanya tempat res area para pemuda yang tidak tepat.

 

Rumusan masalah ini adalah:1) Bagaimana dampak pembangunan jembatan Tanjungrejo pada perilaku kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Tanjungrejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun? 2) Bagaimana cara untuk mengatasi adanya dampak perilaku kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Tanjungrejo Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pembangunan Jembatan Tunjungrejo dilihat dari aspek sosial dan juga aspek ekonomi, selain itu juga strategi yang dilakukan dengan adanya dampak perilaku kondisi sosial ekonomi.

 

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangakan sumber data yang diperoleh dari hasil pengamatan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan melalui tahap pemilihan hal pokok dan hal penting di lapangan, sehingga pemaparan data bisa dipahami pada kasus yang saat itu di teliti. Terakhir dengan menyimpulkan memperoleh tujuan dari sebuah penelitian.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan positif mulai dari segi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Desa Tanjungrejo melalui perkembangan usaha perdagangan masyarakat serta menurunya jumlah penduduk miskin. Sedangkan dampak negatif yang timbul yang paling utama adalah munculnya tempat rest area atau tongkrongan anak muda yang tidak tepat. Sedangkan hasil dari upaya pencegahan melalui dampak negatif dan pengoptimalan dampak positif dikatakan masih tetap dan juga hanya dalam tahap perencanaan. Sehingga dalam pencapaian dalam tingkat keberhasilan melalui cara atau sebuah upaya mengatasi dampak dikatakan masih tetap dan belum ada perubahan yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Dampak Pembangunan, Sosial Ekonomi Masyarakat

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-19

How to Cite

yanuarto, W. (2023). ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JEMBATAN TANJUNGREJO TERHADAP SOSIAL EKONOMI DESA TANJUNGREJO KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN PROVINSI JAWA TIMUR. JI@P, 12(2). https://doi.org/10.33061/jp.v12i2.9036

Issue

Section

Artikel