ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALIAS PADEM DI MEDIASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Authors

  • Pratama Rachmat Wijaya UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/jp.v14i2.12560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualiats pelayanan dan tingkat kepercayaan pasien terhadap loyalitas pasien dengan melalui faktor kepuasan pasien. Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode personal quisioner terstruktur yaitu wawancara dengan angket tertutup. Populasi dalam penelitan ini adalah pelanggan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, adapun teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling

. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien , terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas , terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan dengan kepuasan pasien , terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan dan loyalitas pasien , terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pasien dengan loyalitas , tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien yang di mediasi oleh kepuasan pasien , terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan pasien terhadap loyalitas pasien yang di mediasi oleh kepuasan pasien

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepercayaan Pasien; Kepuasan Pasien; Loyalitas Pasien.

References

Ahmad R dan Buttle F. 2002, Customer Retention Management: A reflection on theory and practice. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2001.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi Keempat. Jakarta: Penerbit Cipta

Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan, Pengukuran, dan Penganalisisan Dengan SPSS. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Bangun, Widiyanto Prasetyo. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi )”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Andreas Winardi (penerjemah). Yogyakarta: Andi

Dharmmesta, Basu Swastha dan licen indahwati darsono. 2005, Kontribusi involvement dan trust in a brand dalam membangun loyalitas pelanggan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 20, No. 3.

Ernawati, 2012, Metode Survey Dalam Mengukur Kualitas Jasa, Journal Manajemen/Tahun XII, No.02.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kedua.

Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin, Jill. 2002. Customer Loyality How to Earn It, How to Keep It. Kentucky : Mc Grow – Hill

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyality Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga

Hadiyati, Ernani, 2010, Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang, Vol 2 No.2 Juli-Desember 2010, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi

Kotler and Keller. 2009. Manajemen Pemasaan. Jilid 1. Jakarta : PT. INDEKS

Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia Cetakan Kedua, Edisi 12, Jilid 2. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Jakarta : PT.Indeks

Kotler, P., L. Brown, S. Adam and G. Amstrong. 2008. Marketing, 6th ed. Frenchs Forest. NSW : Pearson Education Australia

Kurniasari, Nina dan Ernawati, Nina, 2012, Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Laundry Kencling Semarang, Jurnal Mahasiswa Q-MAN, Volume I, No. 3, Mei 2012, halaman 57-68

Low, George S and Charles W.Lamb Jr. 2004. The Measurement and Dimensionality of Brand Associations. Journal of Service Marketing. Vol.14, No.5, p.392-410

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat

Morgan, RM and Hunt, S.D, 1994, “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”, Journal of Marketing, vol 58, 20-38.

Nuraini. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi Fakultas Ekonomi Undip.

Oliver, 2008, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : CV. Alfabeta,

Payne, Andrian, 2000, The Essence of Services Marketing. Yogyakarta : Andi Peppers, Don and Martha Rogers, 2004. Managing Customer Relationship : A

Strategic Framework, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Pongoh, Meylisa Elisabeth, 2012, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan harga Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota Manado, Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 86-94

Robbins, Stephen. 2006. Perilaku Organisasi Edisi 10. Klaten: Indeks Gramedia Setyorini, Winarti, 2011, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada Hotel Mahkota di Pangkalan Bun

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Suhardi, Gunarto. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Perbankan Di Surabaya. Jurnal KINERJA. (Vol. 10 No.1)

Swastha dan Irawan, 2002, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

--------------------, 2007, Azas – Azas Marketing, Jilid 2. Yogyakarta : Liberty Tjiptono, Fandy dan Candra, Gregorius, 2005. Service, Quality, and Satisfaction.

Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandi. 2007. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Andi Offset

Umar, Husein. 2002, Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Vandayuli, Rionini, Sri, 2003, Kepercayaan Pembeli Terhadap Perusahaan

Pemasok Dalam Hubungan Dengan Antisipasi Pembeli di Waktu Yang Akan Datang”, Media Riset Bisnis dan Manajemen volume 3 no. 2 Agustus 2003.

Yamit, Zulian, 2001, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta, Ekonesia

Widiyanto, Ibnu. 2008, Metodologi Penelitian. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Wijaya, P. R. (2025). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALIAS PADEM DI MEDIASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. JI@P, 14(2). https://doi.org/10.33061/jp.v14i2.12560

Issue

Section

Artikel