ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF (Studi pada Guru Kelas III SDN Prawit 1 Surakarta)
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran tematik integratif di kelas III SDN Prawit 1 Surakarta, 2) Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik integratif, 3) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan penggunaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik integratif di kelas III SDN Prawit 1 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Kelas III di SDN Prawit 1 Surakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Secara keseluruhan guru kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Surakarta, dalam menyusun Rencana Pelasanakaan Pembelajaran (RPP) sudah sesuai. Guru terlebih dahulu mengelompokkan materi sesuai dengan aspek keterampilan ilmiah yang akan dilatihkan pada peserta didik dalam penyusunan Rencana Pelasanakaan Pembelajaran (RPP). (2) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah berjalan pada kelas III di Sekolah Dasar Negeri Prawit 1 Surakarta. Guru kelas selalu berusaha untuk melatihkan keterampilan-keterampilan ilmiah 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan). (3) Strategi guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tematik integratif di kelas III agar dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada, diperlukan faktor dan strategi pendukung yang sesuai, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ILYAS SAZALLY ROSYIDI

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
