IMPLEMENTASI TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KB STRAWBERRY SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
IMPLEMENTASI TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI KB STRAWBERRY SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui implementasi
teknik ecoprint di kelas kraton (kelompok B) KB Strawberry Surakarta Tahun Pelajaran
2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan
modifikasi model Kemis and McTaggart, subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Objek
pada penelitian ini yaitu meningkatkan kreativitas anak melalui implementasi teknik ecoprint.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, indikator minimal yang ditetapkan pada
penelitian ini minimal 85% dari 14 anak memiliki peningkatan kreativitas dengan penilaian
berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknik
ecoprint dengan media tote bag dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di kelas kraton
(kelompok B), dengan hasil capaian indikator kreativitas anak yang berkembang sangat baik, yaitu
sebanyak 10 anak sebesar 71,43% berada pada kriteria berkembang sangat baik, dan 4 anak
berkembang sesuai harapan sebesar 28,57%.
Kata Kunci : Kreativitas, Teknik Ecoprint
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Titi Fatimah Titi, M. Hery Yuli Setiawan, Oka Irmade

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.