PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Qorry Wulan Desnia Universitas Slamet Riyadi
  • Sugiaryo Sugiaryo Universitas Slamet Riyadi
  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran Big Book terhadap kemampuan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Sampel penelitian 27 peserta didik kelas IA serta 26 peserta didik kelas IB. Sebelum digunakan penelitian, instrument dimintakan uji validitas oleh ahli dibidangnya. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dilihat dari hasil uji hipotesis hasil thitung 4,382 dengan (df) 51 dan taraf signifikansi 0,05, jika dibandingkan dengan ttabel 1,675 adalah lebih besar 4,382 > 1,675, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik dikelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Media Big Book, Kemampuan Menulis

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-20