PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran Big Book terhadap kemampuan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Sampel penelitian 27 peserta didik kelas IA serta 26 peserta didik kelas IB. Sebelum digunakan penelitian, instrument dimintakan uji validitas oleh ahli dibidangnya. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dilihat dari hasil uji hipotesis hasil thitung 4,382 dengan (df) 51 dan taraf signifikansi 0,05, jika dibandingkan dengan ttabel 1,675 adalah lebih besar 4,382 > 1,675, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik dikelas I SDN Joglo No. 76 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Media Big Book, Kemampuan Menulis
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Qorry Wulan Desnia, Sugiaryo Sugiaryo, Elinda Rizkasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.