IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI CENGKLIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untukl mengetahuil implementasi pendidikanl karakter disiplin siswa dalam pembelajaranl daring. 2) Untukl mengetahui kendalal yang dil hadapi gurul dalaml implementasi pendidikan karakterl disiplin siswal dalam pembelajaranl daring. 3) Untukl mengetahuil strategi apal saja yangl digunakan gurul dalaml implementasi pendidikan karakter disiplinl siswa dalaml pembelajaran ldaring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas IV, guru kelas, kepala sekolah dan orang tua. Sumber data yang diperoleh berupa data primer yang didapatkan secara langsung menggunakan wawancara,dokumentasi,kuisioner, dan observasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Implementasil pendidikan karakterl disiplin siswal dalam pembelajaranl daring yaitu selalu diterapkan pendidikan karakter disiplin disetiap pembelajaran berlangsung, implementasi ini dilakukan dengan media pembelajaran melalui whatssapp, zoom, google meet. 2) Kendala yang dihadapi guru yaitu peserta didik masih membutuhkan contoh langsung dari guru atau pembelajaran masih berpusat kepada guru dan kurang optimalnya penyampaian materi pembelajaran. 3) Strategi yang digunakan guru dalam implementasi pendidikan karakter disiplin siswa dalam pembelajaran daring di kelas IV yaitu memberikan reward atau penghargaan atas pencapaian yang didapatkan oleh peserta didik.
Kata Kunci : Karakter Disiplin, Peserta Didik, Pembelajaran Daring
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Novia Putri Bertina, Sugiaryo Sugiaryo, Mukhlis Mustofa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.