IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI CENGKLIK SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Novia Putri Bertina Universitas Slamet Riyadi
  • Sugiaryo Sugiaryo Universitas Slamet Riyadi
  • Mukhlis Mustofa Universitas Slamet Riyadi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untukl mengetahuil implementasi pendidikanl karakter disiplin siswa dalam  pembelajaranl daring. 2) Untukl mengetahui  kendalal yang dil hadapi gurul dalaml  implementasi pendidikan karakterl disiplin siswal dalam pembelajaranl daring. 3) Untukl mengetahuil strategi apal saja yangl digunakan gurul dalaml  implementasi pendidikan karakter  disiplinl siswa dalaml pembelajaran ldaring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas IV, guru kelas, kepala sekolah  dan orang tua. Sumber data yang diperoleh berupa data primer yang didapatkan secara langsung menggunakan wawancara,dokumentasi,kuisioner,  dan observasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Implementasil pendidikan karakterl disiplin siswal dalam pembelajaranl daring yaitu selalu diterapkan pendidikan karakter disiplin  disetiap pembelajaran berlangsung, implementasi ini dilakukan dengan media pembelajaran melalui whatssapp, zoom, google meet. 2) Kendala yang dihadapi guru yaitu peserta  didik  masih membutuhkan contoh langsung dari guru atau pembelajaran masih berpusat kepada guru dan kurang  optimalnya  penyampaian  materi pembelajaran. 3) Strategi yang digunakan guru dalam implementasi pendidikan karakter disiplin siswa dalam pembelajaran daring di kelas IV yaitu memberikan reward atau penghargaan atas pencapaian yang didapatkan oleh peserta didik.

Kata Kunci : Karakter Disiplin, Peserta Didik, Pembelajaran Daring

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-27